FASION

Translate

Tips dan Trick !!! Melatih dan membiasakan manajemen waktu kepada anak

by Tony surya , at 11:16 PM , has 0 komentar
Kemampuan mengatur waktu harus ditanamkan sejak usia dini. 
Bagaimana cara yang tepat? 
Semakin besar, anak semakin bebas menggunakan waktu. Ada yang memanfaatkannya dengan baik, ada juga yang tidak. Idealnya anak dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Namun sayangnya, di sekolah anak tidak diajarkan untuk pandai mengatur waktu. Nah, tugas orang tualah yang mengajarkannya. 

Berikut ini empat tips untuk mengajar anak pentingnya manajemen waktu: 
1. Bedakan antara penting dan mendesak 
Bantu anak Anda membedakan antara hal yang penting dan yang mendesak. Hal yang penting adalah hal yang berharga untuk kehidupan anak. Sementara, hal yang mendesak adalah hal yang memerlukan tindakan cepat. Tentu saja apa yang paling penting dan paling mendesak bagi setiap orang berbeda-beda. Dorong Anak untuk bisa memilah mana yang paling penting dan paling mendesak terlebih dahulu. 
2. Buatkan tabel waktu 
Buatkan tabel waktu untuk anak Anda dengan beberapa kategori, seperti keluarga, sekolah, olahraga, dan teman. Untuk sekolah, Anda bisa membuat kolom untuk pekerjaan rumah atau materi ulangan. Anda pun bisa membuat subkatergori lain sesuai kebutuhan anak Anda. Tabel waktu membantu anak Anda untuk mengetahui pekerjaan yang sudah diselesaikan atau belum, sehingga manajemen waktu tertata rapi. 
3. Latihan 
Latih anak Anda menggunakan tabel waktu. Ajak mereka membuat keputusan tentang bagaimana memanfaatkan waktunya. Beri ia skala prioritas yang harus dilakukan pertama, kedua, dan ketiga. Misalnya, jika ia ingin pergi ke rumah teman, tapi juga harus belajar untuk ulangan. Jika hendak belajar sore, ia mungkin dapat tinggal di rumah temannya hingga jam makan malam. Bisa juga, dorong ia untuk belajar kelompok bersama teman-temannya. 
4. Mengecek 
Anda perlu mengecek tabel waktu sang buah hati untuk mengetahui bagaimana anak memanfaatkan waktu. Bila ada yang terlewat, ajak anak mengobrol. Tanyakan mengapa bisa dan apa yang menghambatnya. Jika perlu, luangkan waktu setiap malam untuk membantu dia memilih lima atau enam prioritas pada hari berikutnya. 
5. Jadilah teladan 
Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk menjadi teladan bagi anak-anak. Jika Anda bisa memanfaatkan waktu dengan disiplin, otomatis anak akan meniru Anda. Manfaatkan hal ini sebagai pengajaran langsung kepada anak. 
Semoga tips di atas bermanfaat. Selamat mencoba!
Tips dan Trick   !!! Melatih dan membiasakan manajemen waktu kepada anak
About
Tips dan Trick !!! Melatih dan membiasakan manajemen waktu kepada anak - written by Tony surya , published at 11:16 PM . And has 0 komentar
Next Older Post
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 TREND by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->